MACAM MACAM SIKSA KUBUR: DIPERLIHATKAN NERAKA JAHANNAM

Jurnal Hijrah | Kumpulan Artikel Islami

Siksa kubur ada bermacam-macam, salah satunya adalah diperlihatkan neraka jahanam setiap pagi dan petang kepada para calon ahli neraka saat masih di alam barzakh.
.
Allah SWT berfirman dalam surah Ghafir ayat 46
.
Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang Dan pada hari terjadi kiamat.
(Ghafir 46)
.
Neraka Jahanam merupakan neraka tempat penyiksaan yang konon memiliki tujuh tingkat yang mana di setiap tingkatnya dijaga oleh malaikat Zabaniyah, sementara gerbang jahanam dipimpin oleh malaikat Malik.
.
Dalam Tafsir Jalalain dijelaskan bahwa ketika berada di alam barzah, neraka ditampakkan kepada mereka sehingga panasnya api neraka seakan membakar mereka hingga mereka akan merasa tersiksa. Demikianlah azab yang mereka rasakan hingga datang hari kiamat.
.
Ayat Ini menunjukkan adanya azab kubur. Dimana sesudah mati, diperlihatkan kepada mereka neraka di alam kubur mereka, baik pagi ataupun petang. Ini berlangsung hingga hari perhitungan ditegakkan. Maka pada hari tersebut, setiap anggota tubuh mereka akan menjadi saksi akan perbuatannya dulu.
.
Senada dengan ayat di atas, Rasulullah pun bersabda : Sesungguhnya apabila salah seorang di antara kalian mati maka akan ditampakkan kepadanya calon tempat tinggal pada waktu pagi dan sore. Bila dia termasuk calon penghuni surga maka ditampakkan kepadanya surga. Bila dia termasuk calon penghuni neraka maka ditampakkan kepadanya neraka, dikatakan kepadanya; ini calon tempat tinggalmu, hingga Allah membangkitkanmu pada hari kiamat
(HR. Bukari & Muslim)
.
Neraka jahannam adalahs alah satu neraka yang penuh dengan berbagai macam siksaan. Celakalah orang yang akhirnya masuk ke dalamnya.
.
Sehingga Rasulullah mengajarkan kita doa untuk berlindung dari azab kubur dan neraka jahanam.
.
Ya Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari siksaan kubur, siksa neraka Jahanam, fitnah kehidupan dan setelah mati, serta dari kejahatan fitnah Almasih Dajjal.
(HR. Bukhari-Muslim)
.
Semoga kita semua, Terhindar dari azab kubur dan siksa api neraka dan meninggal dalam keadaan beriman serta dalam Khusnul khatimah.
.
Aamiin ya Allah.
.

Artikel Terkait

MACAM MACAM SIKSA KUBUR: DIPERLIHATKAN NERAKA JAHANNAM
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email