Perhatikan Aurat di Bagian Kaki!

Perhatikan Aurat di Bagian Kaki!, Jurnal Hijrah, HijrahJurnal, Kajian Islam, Motivasi Islam, Motivasi Hijrah, Dunia Islam, Berita Islam, Tips Sukses, Inspirasi, Renungan


Termasuk diantara hal yang banyak disepelekan oleh sebagian muslimah di luar sana ialah tidak memperhatikan auratnya di bagian kaki. Padahal kaki seorang muslimah termasuk aurat yang harus ditutupi, sebagaimana Allah subhanahu wa ta'ala berfirman, yang artinya:

"Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: 'Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.' Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."
[QS. Al Ahzab: 59]

Diriwayatkan dari 'Aisyah radhiyallahu'anha, beliau berkata:

"Asma' binti Abu Bakar pernah menemui Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dengan memakai pakaian yang tipis. Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pun berpaling darinya dan bersabda: "Wahai 'Asma, sesungguhnya seorang wanita itu jika sudah haidh (sudah baligh), tidak boleh terlihat dari dirinya kecuali ini dan ini", beliau menunjuk wajahnya dan kedua telapak tangannya."
[HR. Abu Daud 4140]

Berdasarkan dalil-dalil di atas dan dalil-dalil lainnya, keempat Imam madzhab sepakat jika kaki wanita termasuk aurat yang harus ditutupi. Kaki sebagaimana aurat yang lain, ditutup dengan pakaian yang longgar, tidak tipis, tidak transparan, tidak memperlihatkan bentuk atau lekukan. Adapun qadam (dari pergelangan kaki ke bawah; punggung telapak kaki) boleh ditutup dengan kaos kaki dan dengan menjulurkan pakaian sehingga menutup seluruh kaki.

Wallahu'alam . . .
Semoga Bermanfaat.

Artikel Terkait

Perhatikan Aurat di Bagian Kaki!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email