Hijrah dan Lupakan Masa Lalu

Hijrah dan Lupakan Masa Lalu, Jurnal Hijrah, HijrahJurnal, Kajian Islam, Motivasi Islam, Motivasi Hijrah, Dunia Islam, Berita Islam, Tips Sukses, Inspirasi, Renungan


Satu hal yang harus kamu lakukan saat kamu menyesali kesalahanmu, yaitu bergegaslah memperbaiki masa depanmu. Kenapa bukan masa lalu? Karena masa yang telah terlewati tak bisa diulang kembali dan tak bisa diperbaiki.

Untuk itu, jangan terlalu terpuruk sebab masa lalumu yang buruk, bisa jadi disitulah kedewasaanmu tengah dibentuk. Lantas, lupakan masa lalu dan lebih baik kamu fokus memperbaiki masa sekarangmu untuk masa depan yang lebih baik.

Apapun yang telah Allah berikan kepadamu, terimalah semua itu dengan sebaik-baiknya penerimaan. Jangan mengeluh, walau kamu tak menyukainya.

Tidak usah terlalu terpuruk dan menyesal, karena semua itu tidak ada gunanya jika kamu tak bergegas melakukan perbaikan yang nyata.

Maka tidak peduli susah atau senang, baik atau buruk hidupmu dulu, harus selalu kamu terima dengan bijaksana, harus selalu kamu syukuri tiada henti.

Jika dulu kamu pernah berada dalam keadaan yang buruk, tak usah berkecil hati dan terus menyesal, karena yang Allah lihat adalah hidupmu yang sekarang, yang terpenting adalah taubatmu saat ini.

Ketahuilah bahwa setiap hikmah dan pelajaran berharga selalu hadir dari setiap kejadian dan musibah.

Maka, berpikirlah positif, mungkin jika dulu kamu tak melakukan kesalahan maka taubatmu tak sebaik dan seikhlas saat ini.

Oleh karenanya, tidak perlu kamu berlarut memikirkan kesalahanmu dulu hingga mengharu biru, jadikan semua kesalahan yang telah terjadi sebagai pelecutmu untuk terus maju.

Terimalah masa lalu yang menurutmu buruk bahkan sangat buruk sekalipun dengan lapang dada untuk perbaikan di hari esok dan seterusnya.

Tidak usah membencinya, cukup kamui jadikan pengingat diri agar kedepannya tak jatuh pada kesalahan di masa lalu.

Wallahu'alam.
Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Hijrah dan Lupakan Masa Lalu
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email