Amal Perbuatan Tergantung Niat

Amal Perbuatan Tergantung Niat, Jurnal Hijrah, HijrahJurnal, Kajian Islam, Motivasi Islam, Motivasi Hijrah, Dunia Islam, Berita Islam, Tips Sukses, Inspirasi, Renungan


Dari Amirul Mukminin, Abu Hafsh, Umar bin Khattab radhiyallahu 'anhu, dia berkata: Saya pernah mendengar Rasulullah sholallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Sesungguhnya setiap amal perbuatan itu tergantung niatnya dan setiap orang akan mendapatkan sesuai yang diniatkan. Maka barangsiapa yang hijrahnya menuju (keridhoan) Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya itu ke arah (keridhoan) Allah dan Rasulnya. Barangsiapa hijrahnya karena dunia yang akan diperolehnya atau wanita yang akan dinikahinya, maka hijrahnya itu ke arah yang ditujunya itu."
(HR. Riwayat Bukhari, Muslim)

Imam Al-Hasan Al-Bashri rahimahullah berkata:
"Semoga Allah merahmati seorang hamba yang berhenti mencermati keinginan hatinya. Apabila niatnya untuk Allah maka dia akan teruskan, namun apabila untuk selain-Nya maka akan dia tunda sampai niatnya benar."
(Ighatsat al Lahfan)

Malik bin Dinar rahimahullah berkata:
"Niat seorang mukmin lebih cepat sampainya daripada amalnya"
(Az-Zuhd)

Abdullah bin Mubarak rahimahullah berkata:
"Berapa banyak amalan kecil menjadi besar pahalanya karena niat, dan berapa banyak pula amalan besar menjadi kecil pahalanya karena niat."
(Jami'ul Ulum wal Hikam)

Wallahu'alam.

Artikel Terkait

Amal Perbuatan Tergantung Niat
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email