Sholat Di Awal Waktu

Sholat Di Awal Waktu, Jurnal Hijrah, HijrahJurnal, Kajian Islam, Motivasi Islam, Motivasi Hijrah, Dunia Islam, Berita Islam, Tips Sukses, Inspirasi, Renungan


Yang menjadi kewajiban bagi setiap muslim adalah mengerjakan sholat pada waktunya. Sedangkan mengerjakan sholat di awal waktu menunjukan keutamaan. Allah ta'ala berfirman:

إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَّوْقُوتًا

"Sesungguhnya sholat memiliki waktu yang telah ditetapkan bagi orang beriman."
(QS. An-Nisaa:103)

Ibnu Jarir dalam kitab tafsirnya berkata, dari Al-Auza'i, dari Musa bin Sulaiman, dari Al-Qosim bin Mukhoymiroh mengenai firman Allah ta'ala:

فَخَلَفَ مِن بَعْدِهِمْ خَلْفٌ أَضَاعُوا الصَّلَاةَ

"Dan datanglah orang-orang setelah mereka yang menyia-nyiakan sholat."
(QS. Maryam: 59)

Al-Qosim berkata bahwa yang dimaksud ayat ini: "Mereka yang menyia-nyiakan waktu sholat. Sedangkan jika sampai meninggalkan sholat, maka kafir."

Abu Ya'la dan Al-Baihaqi masing-masing dalam musnadnya (berkata), dari 'Ashim, dari Mush'ab bin Sa'ad, ia berkata: "Aku pernah bertanya pada ayahku bagaimana pendapat belaiu mengenai ayat ‘alladzinaa hum ‘an sholatihim saahuun’, siap diantara kita yang tidak lalai dalam sholatnya? Siapa yang dalam hatinya tidak berpikir perkara di luar sholat?"

Ayahnya Sa'ad menjawab: "Bukan seperti itu ayat tersebut. Maksud ayat tersebut adalah lalai dengan menyia-nyiakan waktu sholat."

Para ulama sepakat bahwa yang paling utama adalah mengerjakan sholat di awal waktunya. Dan ada hadits pula yang menyatakan bahwa sholat di awal waktulah yang paling utama.

Dari Ummu Farwah, ia berkata: "Rasulullah sholallahu 'alaihi wa sallam pernah ditanya, amalan apakah yang paling utama. Beliau pun menjawab, 'Sholat di awal waktunya.'"
(HR. Abu Daud no. 426. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Artikel Terkait

Sholat Di Awal Waktu
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email