WANITA BERPAKAIAN TAPI TELANJANG

Jurnal Hijrah | Kumpulan Artikel Islami

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,
.
صِنْفَانِ مِنْ أَهْلِ النَّارِ لَمْ أَرَهُمَا قَوْمٌ مَعَهُمْ سِيَاطٌ كَأَذْنَابِ الْبَقَرِ يَضْرِبُونَ بِهَا النَّاسَ وَنِسَاءٌ كَاسِيَاتٌ عَارِيَاتٌ مُمِيلاَتٌ مَائِلاَتٌ رُءُوسُهُنَّ كَأَسْنِمَةِ الْبُخْتِ الْمَائِلَةِ لاَ يَدْخُلْنَ الْجَنَّةَ وَلاَ يَجِدْنَ رِيحَهَا وَإِنَّ رِيحَهَا لَيُوجَدُ مِنْ مَسِيرَةِ كَذَا وَكَذَا
.
"Ada dua golongan dari penduduk neraka yang belum pernah aku lihat: (1) Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia dan (2) para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, walaupun baunya tercium selama perjalanan sekian dan sekian." 
(HR. Muslim, no.2128, dari Abu Hurairah) 
.
Imam Ibnu 'Abdil Barr rahimahullah mengatakan: 
Makna "kasiyatun 'ariyatun" adalah para wanita yang memakai pakaian yang tipis yang menggambarkan bentuk tubuhnya, pakaian tersebut belum menutupi (anggota tubuh yang wajib ditutupi dengan sempurna). Mereka memang berpakaian, namun pada hakikatnya mereka telanjang." 
(Jilbab Al Mar'ah Muslimah, 125-126) 
.
Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah berkata: 
"Berpakaian Tapi Telanjang" artinya para wanita yang memakai pakaian tapi tidak menutupi aurat. Para Ulama berkata, semisal pakaian tipis tapi kulitnya bisa terlihat. Inilah maksud berpakaian tapi telanjang."
(Fatawa Lajnah Daimah, 3/219) 
.
Wallahu A'lam.
.

Artikel Terkait

WANITA BERPAKAIAN TAPI TELANJANG
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email