Siap Nikah tapi Jodoh Belum Terlihat

Siap Nikah tapi Jodoh Belum Terlihat, Jurnal Hijrah, HijrahJurnal, Kajian Islam, Motivasi Islam, Motivasi Hijrah, Dunia Islam, Berita Islam, Tips Sukses, Inspirasi, Renungan


Usia 25 tahun. Saya sering ikut seminar pernikahan. Semakin sering ikut, semakin saya ingin segera menikah. Yang jadi masalah adalah jodoh saya belum juga kelihatan. Kenapa ya kak orang lain jodohnya gampang, sementara saya ngga?

Kita taunya orang lain prosesnya gampang. Sebetulnya sih mereka prosesnya rumit juga. Kita taunya tiba-tiba dapat undangan pernikahan dari teman. Lalu terkejut dan bilang, "Nikah? kok cepet banget prosesnya!"

Padahal kita ngga tahu, bisa saja dia menikah setelah berproses dengan sekian puluh orang. Atau mungkin ada orang yang memang proses bertemu jodohnya sangat lancar. Dilamar oleh orang pertama, langsung klik, dan lanjut ke pelaminan.

Tapi kita tak pernah tahu, kepahitan apa yang dia jalani sebelumnya hingga diberikan imbalan dari Allah berupa jodoh yang mudah. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan sembari menanti jodoh. Sudah berapa ribu kali kamu berdo'a? Sudah berapa puluh kali kamu proses ta'aruf? Mungkin Allah merasa kamu masih harus banyak berdo'a dan berikhtiar.

Mungkin kamu perlu introspeksi diri. Coba datangi orang tuamu dan minta do'a ke mereka. Bahagiakanlah orang tuamu lalu mintalah do'a dari orang tua yang telah kamu bahagiakan. InsyaAllah do'a orang tua yang tulus ikhlas karena kebaikanmu, maqbul.

Perbaiki diri lebih baik lagi. Mungkin ada bagian dari dirimu yang belum siap menurut Allah. Mungkin jika kamu menikah sekarang, jiwamu masih rapuh meskipun umurmu telah matang. Ikhtiar lebih baik lagi. Jika sebelumnya kamu hanya menunggu, coba sekarang kamu bergabung dengan komunitas/organisasi yang baik. Mungkin saja jodohmu ada diantara orang-orang baik itu.

Berpikir positif aja, kamu masih diberikan kesempatan lebih banyak untuk mengerjakan hal lain. Untuk berbakti pada orang tua utamanya. Beberapa teman saya yang hidupnya sukses dan penuh kemudahan ketika saya tanyakan apa kunci sukses mereka, mereka seringkali menjawab, "Karena do'a dari orang tua."

Lalu mereka minta dido'akan agar diberikan kemudahan dalam setiap persoalan hidup. Dan Alhamdulillah do'a-do'a orang tua yang tulus ikhlas itu selalu dikabulkan Allah.

Artikel Terkait

Siap Nikah tapi Jodoh Belum Terlihat
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email