Paksakan Diri Untuk Beribadah

Paksakan Diri Untuk Beribadah, Jurnal Hijrah, HijrahJurnal, Kajian Islam, Motivasi Islam, Motivasi Hijrah, Dunia Islam, Berita Islam, Tips Sukses, Inspirasi, Renungan


Hidayah itu mahal dan berharga. Sangat beruntung orang yang mendapatkan hidayah, dia merasakan kebahagiaan dunia dan akhirat, kebahagiaan hati, ketentraman jiwa, dan ketenangan yang sejati.

Hidayah itu bukan ditunggu. Menunggu waktu tua dahulu, menunggu sukses dunia dahulu, menunggu anak dewasa dan mandiri dahulu.

Hidayah itu dijemput dengan segera. Karena taubat tidak menunggu ajalmu, bukan lambat asal selamat, tapi cepat agar selamat di akhirat.

Hanya orang yang bersungguh-sungguhlah yang mendapatlan hidayah, Allah berfirman:

وَلَّذِيْنَ جَاهَدُوْافِيْنَالَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا

"Orang-orang yang bersungguh-sungguh (berjuang) di jalan kami, sungguh kami akan berikan petunjuk (hidayah) kepada mereka untuk istiqomah di jalan kami."
(QS. Al-Ankabut: 69)

Ibnu Qayim menjelaskan ayat di atas, beliau berkata:

علق سبحانه الهداية بالجهد، فأكمل الناس هداية أعظمهم جهادا،
وأفرضُ الجهادِ جهادُالنفس، وجهاد الهوى، وجهادُالشيطان، وجهادُ
الدنيا

"Allah menggantungkan / mengaitkan hidayah dengan perjuangan / jihad. Manusia yang paling sempurna hidayahnya adalah yang paling besar jihadnya. Jihad yang paling utama yaitu jihad mendidik jiwa, jihad melawan hawa nafsu, jihad setan dan jihad melawan fitnah dunia."
(Al-Fawaid, hlm. 59)

Bersungguh-sungguhlah melawan nafsu dunia dan syahwat yang menipu, melawan gengsi dunia, dan sombong melawan keras hati.

Bagaimana cara menjemput hidayah?

Baca buku tata cara sholat dan perbaiki cara sholatmu. Ambil Al-Qur'an yang lama berdebu, bacalah dan lama sejenak. Infak kan sebagian hartamu. Sedekahlah secara sembunyi-sembunyi, semoga bisa meredam murka Allah. Tidak lupa berdo'a kepada Allah di sepertiga malam, memohon hidayah kepada Allah.

Semoga kita mendapatkan hidayah dari Allah, semoga keluarga, teman dan kaum muslimin mendapatkan hidayah terbaik.

Aamiin . . .

Artikel Terkait

Paksakan Diri Untuk Beribadah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email