ISTIGHFAR

Jurnal Hijrah | Kumpulan Artikel Islami

Istighfar merupakan sambutan seorang hamba terhadap perintah Allah.
.
Allah memerintahkan dan menganjurkan supaya para hamba-Nya meminta ampunan kepada-Nya.
.
Selanjutnya, Allah akan menjanjikan ampunan dan pahala yang agung, selain itu pemberian yang melimpah sebagai balasan atas istighfar.
.
Adakah yang lebih jujur ucapannya selain Allah? Ayat-ayat dan hadits yang menunjukkan tentang hal ini adalah perintah-Nya.
.
"Maka bersabarlah kamu, karena sesungguhnya janji Allah itu benar, dan mohonlah ampunan untuk dosamu dan bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu petang dan pagi."
(QS. al-Mukmin [40]: 55)
.
"Dan mohonlah ampun kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."
(QS. an-Nisâ' [4]: 106)
.
Dalam sebuah hadits qudsi Allah berfirman, "Wahai anak Adam, seandainya dosa-dosamu mencapai mega di langit kemudian engkau memohon ampunan kepada-Ku, niscaya Aku akan memberikan ampunan kepadamu dan Aku tidak memperdulikan (atas dosa-dosa itu)."
(HR. Tirmidzi)
.
"Orang yang memperbanyak istighfar, maka Allah akan menjadikan kemudahan dalam setiap kesusahannya, dan memberikan jalan keluar dari setiap kesempitan, dan memberinya rezeki dari jalan yang tidak disangka."
(HR. Ahmad)
.
Sebagaimana istighfar memberikan manfaat kepada manusia di dunia, ia juga merupakan salah satu sebab diangkatnya derajat manusia disurga, Abu Hurairah meriwayatkan bahwasannya Rasulullah saw bersabda:
.
"Sesungguhnya Allah mengangkat derajat seorang hamba di surga. Hamba itu lantas bertanya, "Wahai Tuhanku, bagaimanakah aku mendapatkan semua ini?" Allah menjawab, "Disebabkan bacaan istighfar yang dilakukan oleh anakmu untukmu."
(HR. Ahmad)
.
Qatâdah mengatakan, "Sesungguhnya, al-Qur'an telah menunjukkan kepada kalian tentang penyakit kalian dan obatnya. Adapun penyakit kalian adalah melakukan dosa-dosa, sedangkan obat kalian adalah istighfar."
.
Ali bin Abi Thalib mengatakan, "Sangatlah mengherankan kenapa ada orang yang celaka, padahal sebenarnya dia memiliki penyelamat. Lalu seseorang bertanya kepadanya, "Apa penyelamat itu?"
Ali menjawab, "Istighfar"
.
Aisyah ra mengatakan, "Sungguh beruntung sekali orang yang menjumpai buku catatan amalnya penuh dengan bacaan istighfar."
.
Hasan al-Bashri mengatakan, "Perbanyaklah membaca istighfar dirumah-rumah kalian, di atas suguhan-suguhan kalian, di jalan-jalan kalian, di pasar-pasar kalian dan di majelis-majelis kalian, sebab kalian tidak tahu kapan turunnya ampuna?"
.

Artikel Terkait

ISTIGHFAR
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email