Bershalawat Saat Nama Nabi Disebut

Jurnal Hijrah | Kumpulan Artikel Islami

Kita dianjurkan untuk membaca shalawat setiap kali menyebut nama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam atau mendengar nama beliau disebut. Anjuran ini berdasarkan hadis yang kami sertakan dalam gambar di atas.
.
Eh tapi pernah nggak sih mendengar ada orang yang ketika disebut nama Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam mereka lantas mengucapkan kata "صَلُّوْا عَلَيهِ" ?
Tau nggak artinya itu apa?
.
Kata “shollu” adalah fi’il amr (kata perintah), yang artinya “berikanlah shalawat”. Sedangkan kata “‘alaih..” artinya “kepadanya”.
.
Gabungan dua kata itu, “shollu ‘alaihi…” artinya berikanlah shalawat kepadanya.
Dengan kata lain, kalimat: “shollu ‘alaihi…” adalah perintah kepada orang lain untuk membaca shalawat, dan bukan bacaan shalawat itu sendiri.
.
Kita bisa perhatikan, perintah yang disebutkan dalam hadis di atas adalah perintah membaca shalawat untuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika kita menyebut nama beliau atau mendengar nama beliau disebut. Bukan perintah untuk memerintahkan orang lain agar membaca shalawat. Paham ya..
.
Ucapan shalawat yang paling minimal adalah "ALLAHUMMA SHOLLI ‘ALA MUHAMMAD". Sedangkan bacaan shalawat yang paling bagus seperti bacaan shalawat Ibrahimiyyah yang kita baca saat tahiyat akhir.
.
Semoga pembahasan ini bermanfaat.
.

Artikel Terkait

Bershalawat Saat Nama Nabi Disebut
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email